Minggu, 02 Oktober 2016

PESAN UNTUK MAHASISWA BARU

Dalam setiap perkuliahan untuk mahasiswa baru, saya selalu memberikan dorongan semangat kepada mereka untuk mulai mencoba merencanakan apa yang menjadi target mereka dimasa depan. Hal itu saya sampaikan karena fakta yang ada sekarang ini, banyak lulusan sarjana yang tidak kunjung memperoleh pekerjaan alias masih menganggur. Banyak orang menyebutnya sebagai pengangguran terdidik.
Banyaknya pengangguran terdidik ini, boleh jadi karena dua penyebab. Yang pertama, karena jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan banyaknya jumlah sarjana yang dihasilkan. Pertumbuhan lulusan sarjana selalu lebih banyak daripada pertumbuhan lapangan kerja. Penyebab kedua, karena lulusan sarjana yang dihasilkan tidak memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang dibutuhkan oleh pengguna atau pemilik pekerjaan.
Untuk alasan yang pertama, tidak banyak yang dapat kita lakukan. Yang bisa kita lakukan hanyalah mendorong pemerintah untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. Atau dengan mencoba membuka lapangan kerja sendiri.
Saya lebih memberi perhatian terhadap penyebab kedua. Banyak lulusan sarjana kita yang tidak memiliki kompetensi apapun yang dapat ditunjukkan selain daripada selembar ijasah kesarjanaannya. Mahasiswa kuliah hanya mengikuti prosesnya saja tanpa mengambil makna dan pelajaran darinya. Hanya mengikuti arus dan berjalannya waktu. Hingga akhirnya berlalu masa empat tahun, dan tiba-tiba saja dia sudah sarjana.
Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa agar tidak sampai terjebak menjadi sarjana tanpa kompetensi ini. Langkah awal yang dapat dilakukan mahasiswa, terutama mahasiswa baru adalah dengan merencanakan perkuliahannya. Target kompetensi apa yang harus dimilikinya setelah lulus kuliah, harus mulai dipelajari dan dilatih sejak awal perkuliahan.
Saya selalu menyarankan tiga hal yang menurut saya sangat penting, yang hendaknya dikuasai oleh lulusan sarjana untuk mendukung kompetensi pokok mereka, dalam bidang apapun yang mereka pilih. Ketiga hal itu adalah penguasaan bahasa asing, kemampuan menulis dan kemampuan presentasi. Ketiganya harus mulai dipelajari dan dilatih sejak awal agar pada saat lulus sebagai sarjana nanti, ketiga kemampuan itu tidak perlu lagi dipertanyakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar