Kamis, 28 Desember 2017

MENDAMPINGI ANAK BELAJAR

Satu hal yang perlu kita perhatikan sebagai orangtua adalah mendampingi anak-anak dalam belajar.
Banyak orangtua yang menyerahkan seluruh urusan belajar ini kepada sekolah. Ketika anak-anak sedang berada di sekolah tentu akan menjadi tanggung jawab pihak sekolah, tetapi diluar itu maka menjadi tanggung jawab orangtua sepenuhnya.
Soal belajar di rumah ini seringkali orangtua hanya sekedar menyuruh saja. Setelah itu, seolah tanggung jawab telah usai. Padahal anak-anak sangat perlu didampingi ketika mereka sedang belajar. Disamping sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada mereka, seringkali anak-anak membutuhkan bimbingan untuk memahami apa yang mereka pelajari itu.
Salah satu contohnya, kemarin pada saat membaca buku pelajarannya, tiba-tiba anak saya yang masih kelas enam bertanya tentang satu istilah yang artinya belum dia ketahui.
"Pak, hak paten itu apa?"
"Di bukunya apa tidak ada penjelasannya?".
"Tidak ada".
"Hak paten itu adalah hak yang diberikan kepada seorang penemu dalam bidang teknologi", saya mencoba menjelaskan dengan bahasa yang disederhanakan agar bisa dipahaminya. "Ngerti nggak...?".
"Nggak"
"Begini contohnya, Habibie itu pernah menemukan salah satu teknologi dalam bidang pembuatan pesawat terbang. Karena penemuannya itu maka dia punya hak paten".
"Oh begitu.."
Begitulah, apabila anak-anak kita belajar sendiri tanpa didampingi seringkali ketika mereka menemui kesulitan dalam memahami istilah-istilah yang sulit, tidak ada yang membantunya. Bila artinya saja mereka tidak tahu bagaimana mungkin mereka bisa memahami apa yang dimaksud oleh buku pelajaran itu.
Selalu dampingi anak-anak saat mereka belajar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar