Jumat, 09 Desember 2016

DESAKU, DESA BARU

Kalau ada yang bertanya, “Kemana kalau pulang kampung?. Saya akan menjawab, “ Ke Padang”.
Jawaban itu sebenarnya hanya untuk memudahkan dalam menjawab saja. Jawaban yang mudah untuk dipahami, bahwa rasanya setiap orang tahu dimana kota Padang itu.
Namun, Desa saya sesungguhnya amat sangat jauh dari kota Padang. Jauh di pedalaman. Saking jauhnya, saking terpencilnya, desa itu tidak ada didalam peta. Letaknya persis di garis batas antara Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Di sisi Sumatera Barat di Kabupaten Pasaman Barat, dan disisi Sumatera Utara di Kabupaten Mandailing Natal.
Jaraknya sekitar tiga ratus kilometer dari pusat kota. Jika ditempuh dengan kendaraan roda empat, diperlukan waktu lebih dari tujuh jam perjalanan. Sepanjang perjalanan, tak terlalu banyak keramaian, tak ada kemacetan.
Meskipun jauh dari pusat kota, namun bila kita hendak bepergian ke kota Padang, tidak perlu berganti kendaraan umum. Ada angkutan umum yang langsung melayani trayek dari desa ke kota Padang. Dua kali sehari, pagi dan malam.
Dulu, ketika saya masih sekolah disana, semua urusan yang berkaitan dengan pemerintah masih sangat sulit. Sulit karena kendala jarak yang jauh. Bayangkan saja, bila ada suatu urusan ke kantor kecamatan, harus menempuh perjalanan lebih dari empat puluh lima kilometer dari desa ke Air Bangis, kota kecamatan.
Apalagi bila urusan itu harus ke kantor Bupati, perjalanan yang dibutuhkan lebih panjang lagi. Lebih dari seratus lima puluh kilometer jarak yang mesti ditempuh dari desa ke Lubuk Sikaping, kota Kabupaten Pasaman. Parahnya lagi, sepanjang perjalanan lebih banyak ditemui hutan-hutan daripada perkampungan.
Kini, keadaan sudah jauh lebih baik. Setelah pemekaran Kabupaten Pasaman menjadi dua, yaitu Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, kendala jauhnya jarak semakin berkurang.
Demikian pula pemekaran kecamatan Sungai Beremas menjadi Ranah Batahan, sudah berdampak jauh lebih dekat, tak lebih dari dua belas kilometer saja jarak ke kantor kecamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar