Senin, 12 Desember 2016

MERENCANAKAN MASA DEPAN

Bila melihat ada orang atau teman yang sukses, biasanya apa reaksi kita? Atau setidaknya apa yang terlintas dalam pikiran kita?.
Mungkin banyak yang berfikir bahwa dia adalah orang yang beruntung. Banyak yang menganggap bahwa keberhasilan seseorang itu lebih ditentukan oleh faktor keberuntungan. Memang, terkadang ada orang yang hidupnya selalu memperoleh keberuntungan yang mengantarkannya pada kesuksesan.
Ketika melihat orang yang sukses, sebenarnya yang kita lihat itu adalah hasilnya belaka. Kita tidak pernah melihat bagaimana dia menjalani prosesnya. Tidak sedikit dari kita yang menginginkan sukses seperti yang dialami teman kita itu, tetapi tidak tahu dan tidak mau menjalani lika-liku sebagaimana yang dilakukannya. Bila kita tidak berhasil seperti dia, buru-buru kita akan mengatakan bahwa kita tidak seberuntung dia. Yang lebih parah lagi, mengatakan bahwa Tuhan tidak memberikan kesempatan yang sama atau tidak sebaik dia.
Ada juga berpikir bahwa dia memang layak untuk sukses, karena sudah bekerja dengan keras. Dan semua itu dijalaninya dengan perencanaan yang matang. Bagi orang yang mengetahui bagaimana sepak terjangnya dalam menghadapi kehidupan, pasti akan menganggap bahwa kesuksesan itu sudah seharusnya didapatkannya. Kesempatan itu selalu datang kepada orang-orang yang benar-benar mengusahakannya.
Sukses dimasa depan memang harus direncanakan. Mulailah dengan menetapkan mimpi, sebagai tujuan akhir yang hendak dicapai. Mimpikanlah sesukses apa yang diinginkan dan hendak kita capai, kemudian buatlah rencana untuk mewujudkan mimpi itu.
Ibarat membangun sebuah rumah, tentu kita harus bisa menggambarkan atau setidaknya membayangkan rumah seperti apa yang kita inginkan. Bila kita tidak mempunyai impian tentang rumah yang akan dibangun, kita tidak akan bisa memulainya dari mana. Tentu akan lebih baik jika rumah impian itu digambarkan secara detil hingga bagian-bagiannya yang lebih kecil. Dengan begitu, pembangunannya dapat di rencanakan dengan lebih tertata dengan baik.
Memang tidak mudah untuk merumuskan apa yang kita impikan. Sebagian besar kita tidak mampu bermimpi atau bahkan tidak berani bermimpi tentang apa yang kita inginkan dimasa depan.
Apalagi bagi anak-anak muda, dengan keterbatasan ilmu yang dimiliki, terkadang mereka masih terlena dengan kesenangan-kesenangan sesaat. Mereka lebih senang menghabiskan waktu dengan nongkrong, kongkow-kongkow atau bermain internet hingga larut malam tanpa mengambil manfaat apapun darinya.
Mulai sekarang, bangunlah mimpi setinggi-tingginya. Manfaatkan media sosial dan internet sebaik-baiknya untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya. Carilah informasi yang bermanfaat untuk membantu menentukan sesungguhnya apa yang kita impikan dimasa depan dan bagaimana cara mewujudkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar