Kamis, 18 Januari 2018

MEMAHAMI ISTILAH

Seringkali kita mengatakan suatu istilah tanpa benar-benar mengerti apa yang kita katakan itu. Atau, kalaupun kita merasa sudah memahaminya, boleh jadi apa yang kita pahami bukanlah makna yang sebenarnya.
Tak jarang pula kita menyalahkan orang lain, atau bahkan menganggap orang lain keliru hanya karena pemahaman yang tidak sama terhadap suatu istilah. Hal ini terjadi karena perbedaan referensi yang dirujuk berkaitan dengan pengertian itu. Bisa jadi juga karena tingkat pemahaman yang berbeda-beda yang disebabkan kurangnya pengetahuan.
Mari kita lebih rendah hati...
Ketika mendiskusikan tentang Pancasila sebagai ideologi negara, disinggung pula macam-macam ideologi yang dianut oleh negara-negara di dunia. Saya mencoba untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa tentang macam-macam ideologi tadi. Macam-macam ideologi itu antara lain adalah Liberalisme dan Komunisme.
Lalu saya meminta mereka menulis essay singkat tentang apa yang mereka pahami tentang ideologi tersebut. Dan benar saja, masing-masing memahaminya dengan pemahaman yang beragam, bahkan ada yang saling bertentangan satu dengan lainnya.
Begitulah kenyataannya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar