Rabu, 02 Mei 2018

KESAN PERTAMA


Ada ungkapan begini, "Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda".
Seringkali kita sangat terpesona dan terkesan dengan seseorang yang baru kita kenal. Kesan itu biasanya timbul karena penampilannya yang rapi dan bersih. Bisa juga terkesan karena tutur kata dan sikapnya yang baik dan sopan.
Kesan demikian ini tentu tidak salah. Karena memang hanya dari penampilan dan sikap pertama itulah kita dapat melakukan penilaian kepada seseorang yang baru kita kenal. Tetapi jangan berhenti hanya sampai disitu. Itu belum final. Jangan sampai kita berhenti menilai hanya sebatas penampilan saja. Apalagi bila kita hendak melakukan suatu perbuatan yang penting, jangan hanya didasarkan pada penilaian awal itu.
Ada ungkapan lain yang juga tidak kalah penting, yaitu "Jangan menilai sebuah buku hanya dari sampulnya". Ungkapan ini sebenarnya adalah terjemahan dari bahasa Inggris. Maksudnya adalah jangan sampai kita menilai seseorang hanya dengan mendasarkan pada kesan pertama dan penampilannya saja. Kebaikan seseorang belum dapat dinilai sepenuhnya hanya dari penampilan dan tutur kata yang baik.
Boleh jadi penampilan dan tutur kata yang baik itu hanya modus saja. Mereka menggunakannya hanya untuk kamuflase dan menutupi niat jahatnya.
Akhir-akhir ini semakin banyak kasus penipuan yang terjadi karena terpesona pada penampilan dan terpukau kata-kata manis pelakunya...
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar