Rabu, 02 Mei 2018

NIKMATI SUKSESMU


Suatu hari, saya berbincang soal aktivitas reuni sekolah dengan seorang teman. Kami adalah teman satu sekolah yang tak pernah bertemu lagi sejak lulusan sekolah dulu.
"Kamu ikut acara reuni kemarin nggak?", tanya saya.
"Nggak, kebetulan ada acara keluarga diluar kota".
"Kalau kegiatan alumni yang lain, pernah ikut?".
"Nggak juga. Mereka kan orang-orang yang sudah sukses. Sedangkan aku apalah, hanya ibu rumah tangga, tidak sukses seperti mereka".
"Menjadi ibu rumah tangga yang sukses, juga sangat membanggakan, lho..", jawab saya mencoba untuk meyakinkan.
***
Seringkali kita ini kurang menghargai diri sendiri. Kurang menghargai kerja keras, perjuangan dan keberhasilan kita sendiri.
Kita lebih sering melihat pada kesuksesan orang lain. Lalu membandingkannya dengan apa yang ada pada diri sendiri. Bila hasil perbandingan itu memberikan dampak positif, misalnya dapat memicu kita untuk bekerja lebih keras, tentu hal itu sangat baik.
Tetapi, seringkali justru hal itu membuat kita menjadi minder, tidak percaya diri. Semua yang kita lakukan selama ini seolah tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan yang dilakukan teman-teman kita. Apa yang kita hasilkan selama ini tidak sebesar dan sebanyak apa yang dihasilkan teman-teman kita.
Pada saat itu, mulailah kita kurang menghargai diri sendiri. Kita kurang menghargai kerja keras yang kita lakukan selama ini.
Membandingkan diri dengan orang lain, dalam hal seperti ini tidaklah pada tempatnya. Setiap orang dilahirkan dari keluarga dengan latar belakang yang berbeda-beda. Lalu dibesarkan dengan cara dan kualitas pendidikan yang berbeda. Pada akhirnya, menjalani pertarungan kehidupan di gelanggang yang berbeda pula.
Karena itu, tak perlu membandingkan hidupmu dengan hidup mereka. Tak perlu membandingkan suksesmu dengan sukses mereka. Sepanjang kita telah bekerja keras dan berlaku lurus, maka itulah makna sukses yang sesungguhnya.
Nikmati suksesmu sendiri...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar