Kamis, 26 Oktober 2017

DUA SISI

Ketika dalam perjalanan ke Banyuwangi kemarin, ada sisi jalan di wilayah pegunungan Gumitir yang sedang diperbaiki karena mengalami longsor. Pada sisi jalan yang longsor itu kemudian dibangun tanggul penahan agar longsoran tidak bertambah lebar.
Perbaikan jalan itu mengakibatkan lajur jalan menyempit. Selain karena aktivitas pekerja, juga karena tumpukan material yang cukup banyak diletakkan disisi jalan. Lajur jalan yang biasanya dua lajur, kini hanya satu lajur saja. Kendaraan yang melintas dari dua arah harus dibuat bergantian. Hal ini menimbulkan kemacetan yang cukup panjang dari kedua arah.
Keadaan itu dimanfaatkan oleh para pemuda setempat untuk mengatur jalur lalulintas agar lancar dan tidak saling serobot. Mereka lalu menyodorkan baskom kepada para pengemudi untuk meminta uang recehan.
Begitulah, selalu ada dua sisi dalam melihat persoalan. Setiap persoalan akan selalu dapat dilihat dari sisi positif maupun negatif. Seperti kejadian longsor diatas, sebagian besar orang melihatnya sebagai bencana. Bencana yang berdampak pada banyak aspek kehidupan, antara lain kemacetan yang panjang.
Tetapi disisi lain, jalan longsor juga menjadi sumber rejeki bagi sebagian orang lainnnya. Selain bagi para pengatur lalu lintas tadi, jalan longsor yang dianggap sebagai bencana juga menjadi sumber rejeki bagi kontraktor yang mengerjakan tanggul penahan jalan.
Setiap persoalan selalu memiliki dua sisi, positif dan negatif. Bila persoalan yang kita alami tidak begitu menyenangkan bagi kita, maka kita akan cenderung melihatnya dari sisi negatifnya saja. Cara pandang seperti ini biasanya akan memunculkan sikap-sikap yang negatif pula. Tidak mampu mengendalikan emosi, selalu protes dan tak dapat menerima keadaan dan cenderung menyalahkan pihak lainnya, merupakan contoh sikap-sikap yang timbul dari cara pandang yang negatif dan sempit tadi.
Banyak hal positif yang dapat kita peroleh dengan merubah cara pandang dari dua sisi atau cara pandang yang lebih luas. Melihat persoalan dari dua sisi yang berbeda akan menjadikan pandangan kita jauh lebih luas. Melihat persoalan dari banyak sisi juga akan memperlihatkan celah-celah yang tidak mungkin akan terlihat bila kita hanya berkutat pada satu sisi saja. Pandangan yang luas ini akan menjadikan kita tidak mudah untuk menyalahkan pihak lain, apalagi mereka yang tidak sependapat kita.
Melihat persoalan dari dua sisi yang berbeda akan membuat pikiran kita menjadi lebih terbuka dan mampu menerima pendapat yang berbeda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar