Selasa, 30 Januari 2018

PROGRAM PENDIDIKAN AKUNTANSI (PPA) BCA

Saya menceritakan ini untuk berbagi informasi pendidikan, terutama bagi yang berminat dibidang akuntansi dan perbankan. Barangkali ada anak, saudara, keponakan, teman atau untuk diri sendiri berminat untuk mencobanya. Anak-anak yang memiliki prestasi akademik yang baik, namun memiliki kendala finansial untuk dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, saya sarankan untuk mencobanya.
Bagi mereka yang kurang berminat bidang akuntansi, ada pilihan lain yaitu Teknik Informatika (PPTI).
Program ini ditujukan bagi lulusan SMA atau sederajat. Biasanya, seleksi masuknya dimulai ketika anak-anak mulai naik ke kelas tiga SMA.
Pendidikan ini berlangsung selama tiga puluh bulan. Tidak seperti kuliah biasa yang menggunakan sistem semester yang lamanya enam bulan, disini menggunakan sistem catur wulan atau per empat bulan pembelajaran. Jadi selama tiga puluh bulan perkuliaan itu materi yang dipelajari sama dengan kuliah selama tujuh semester dalam perkuliaan biasa.
Yang cukup berat dirasakan bila kuliah disini adala sistem pendidikan yang digunakan. Program ini menggunakan sistem gugur dengan standar kelulusan yang sangat ketat. Artinya, mahasiswa harus memenui standar nilai yang telah ditentukan oleh penyelenggara pendidikan. Apabila nilai yang diperoleh mahasiswa tidak mencapai batas minimal yang telah ditentukan tersebut, maka secara otomatis mahasiswa tersebut akan dikeluarkan atau dropt out (DO).
Salah satu keunggulan bila mengikuti pendidikan ini adalah kegiatan belajarnya tidak hanya dilakukan di kelas saja. mahasiswa juga wajib mengikuti program on the job training di lingkungan BCA. Mereka juga mendapatkan pendidikan tambahan yang bermanfaat bagi pengembangan pribadi mereka, yaitu pembekalan soft skill, seperti kepemimpinan, kerja tim, pembentukan karakter, grooming dan perencanaan keuangan. Ada juga fasilitas lain untuk pengembangan minat mahasiswa dalam bidang olahraga dan seni.
Nah, yang lebih menarik lagi, selama mengikuti proses seleksi maupun selama pendidikan itu, peserta tidak dipungut biaya sama sekali. Bahkan, selama pendidikan itu setiap bulan mereka mendapatkan uang saku yang jumlahnya lebih dari cukup untuk biaya hidup setiap bulannya. Selain itu ada juga fasilitas-fasilitas lain untuk menunjang pembelajaran, berupa buku-buku pelajaran dan pemeriksaan kesehatan.
Tidak seperti dalam pendidikan tanpa biaya pada umumnya yang selalu disertai dengan ikatan dinas, disini semua peserta tidak dikenai ikatan dinas. Tidak ada kewajiban bagi mereka untuk bekerja di BCA setela lulus nantinya. Namun demikian, mereka diberi kesempatan untuk bekerja di BCA selepas menyelesaikan program tersebut, bila itu mereka inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar