Selasa, 25 Oktober 2016

KECANDUAN GADGET

Banyak anak-anak yang menghabiskan waktunya dengan gadget, tanpa mempedulikan interaksi dengan sesama, termasuk dengan orang tua dan keluarga. Dimanapun mereka berada, gadget selalu dalam pegangannya. Bahkan dalam berkendaraan pun ada yang masih menggunakannya.
Anak-anak yang kecanduan gadget ini tidak lagi merasa nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain, perilakunya sulit dikontrol, prestasi belajar menurun, susah menerima nasehat dan putus komunikasi dengan orang tua. Tidak jarang pula dapat merusak organ mata bila penggunaannya tidak benar.
Anak-anak seperti ini biasanya berasal dari orang tua yang kecanduan gadget pula. Karena terlalu asyik dengan gadgetnya, orang tua seperti ini tak lagi peduli dengan anaknya. Tak peduli dengan pelajaran sekolah anaknya bahkan tak peduli dengan kualitas asupan gizi dalam makanan anaknya.
Saya, juga anda, tentu tidak menginginkan hal itu terjadi pada anak-anak kita. Masing-masing kita tentunya punya cara dan strategi sendiri agar anak-anak tidak sampai kecanduan gadget.
Beberapa cara yang kami lakukan adalah, pertama, ajak anak untuk berkomunikasi. Hargai setiap pendapat maupun sikap anak. Dengarkan apapun yang diucapkannya dan jangan mengabaikannya.
Kedua, menjadwalkan kegiatan anak secara rutin dalam satu minggu. Kegiatan anak diluar jam-jam sekolah, harus ada setiap harinya. Baik kegiatan yang bersifat fisik, seni ataupun spiritual. Kegiatan yang padat akan membantu menghindarkan anak dari ketertarikan kepada gadget. Tetapi harus diingat, kegiatan yang dijadwalkan mestilah yang disukai oleh anak. Hal ini penting agar anak-anak dengan senang hati menjalaninya.
Ketiga, dampingi setiap kegiatan anak-anak, bila perlu ajaklah melakukan aktifitas tersebut secara bersama-sama. Misalnya kegiatan olah raga, berenang, bermain maupun memasak, dapat dilakukan bersama mereka.
Satu hal yang sangat penting dan mendasar berkaitan dengan penggunaan gadget ini adalah jangan memberikan gadget kepada anak yang belum cukup umur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar