Kamis, 13 Oktober 2016

KERJA SAMBIL KULIAH

Setiap kali bertemu dengan anak muda yang sudah bekerja, tetapi masih lulusan SMA, saya selalu menyarankan kalau bisa nyambi kuliah. Kerja sambil kuliah. Disamping untuk meningkatkan kompetensi, kuliah juga dapat menambah wawasan, merubah cara berfikir dan memperluas jaringan.
Sebaliknya, ada anak muda yang masih lulusan SMA, masih mencari pekerjaan, orang tuanya siap untuk membiayai kuliahnya, tetapi merencanakan bekerja sambil kuliah. Kepada mereka ini saya sarankan agar fokus untuk menyelesaikan kuliah dulu.
Kerja sambil kuliah, memang terkesan keren. Iya, bagi mereka yang sudah mapan bekerja. Tetapi, menjalaninya tidak mudah. Diperlukan tekad dan semangat yang kuat dan terus-menerus agar bisa berhasil sampai ke titik akhir. Diperlukan manajemen yang baik dalam mengelola keuangan, waktu, fikiran dan tenaga, agar semuanya dapat berjalan seimbang. Lebih tidak mudah lagi, bagi mereka yang sudah berkeluarga.
Banyak contoh keberhasilan yang diperoleh dari proses kerja sambil kuliah, tetapi tidak sedikit juga yang akhirnya tidak sampai finish, putus ditengah perjalanan.
Saya pernah merasakan pengalaman gagal dalam bekerja sambil kuliah, dua puluh tahun lalu. Ketika saya masih bekerja sebagai surveyor pemetaan di Surabaya, saya nyambi kuliah di Jurusan Teknik Sipil di ITATS Surabaya.
Semua berjalan tidak mudah. Mulai dari pembagian waktu bekerja dan waktu kuliah yang berhimpitan, pengelolaan keuangan, sampai dengan kemampuan fisik yang terkuras. Setelah seharian bekerja menguras energi di lapangan, sore harinya kuliah, fikiran tidak lagi mampu fokus pada pelajaran. Hawa kantuk seringkali tidak mampu dilawan, akhirnya sering tertidur di ruang kuliah. Hasilnya, banyak matakuliah yang nilainya tidak memuaskan.
Akhirnya, diakhir semester lima, saya putuskan untuk berhenti kuliah. Datangnya krisis moneter telah mengubah semua rencana saya, baik dalam pekerjaan maupun kuliah saya. Saya tidak sanggup lagi mempertahankan keduanya. Tidak hanya kehilangan kuliah, saya juga kehilangan pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar