Kamis, 13 Oktober 2016

MEDIA SOSIAL

Media sosial, sebagaimana media-media lainnya, hanya merupakan wadah atau sarana untuk berkomunikasi. Sebagai wadah, media sosial tentu bersifat netral. Kitalah yang memberi warna media sosial itu. Bagaimana warna media sosial kita, dapat menunjukkan siapa kita dan bagaimana karakter kita dalam dunia nyata.
Hingga saat ini, media sosial yang saya gunakan hanya dua, Whatsapp dan Facebook. Whatsapp bagi saya sangat efektif untuk komunikasi antar sesama teman, baik pertemanan langsung maupun antar grup. Informasi yang diberikan akan langsung dapat diterima pada saat itu juga.
Banyak manfaat yang saya peroleh dari facebook. Dengan facebook, saya dapat terhubung kembali dengan teman-teman lama, teman sekolah, teman sepermainan waktu kecil, yang rasanya mustahil terhubung kembali tanpa adanya media ini.
Dengan facebook pula, saya dapat menemukan teman-teman baru dari berbagai kalangan, mulai pengayuh becak hingga profesor. Mulai yang dekat tempat tinggalnya hingga yang jauh di benua lain, semua dapat terhubung dengan mudah.
Yang paling penting lagi, dengan facebook, saya dapat terus belajar. Terutama belajar menulis. Bagaimana tulisan dapat dipahami oleh orang lain yang membacanya. Saya tuliskan apa yang saya fikirkan, apa yang saya rasakan, apa yang saya harapkan dan apa yang bisa saya bagikan. Dengan menulis, secara tidak langsung saya juga dituntut untuk belajar.
Tulisan-tulisan itu nanti akan menjadi kenangan bagi saya. Bila ada yang membaca tulisan saya kemudian menyukai dan memperoleh manfaat darinya, saya sangat bersyukur. Namun bila tidak, tidak ada masalah bagi saya.
Bagi saya, bila saya sudah menulis, maka saat itu juga saya telah mengambil manfaat darinya. Setidaknya, saya telah belajar dan berlatih menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar