Kamis, 24 November 2016

SATU ONS VERSUS SATU TON

Dalam perkuliahan kemarin saya bertanya kepada mahasiswa, siapakah diantara mereka yang suka menulis. Salah seorang menjawab, “Sebenarnya saya suka, Pak. Tetapi tulisan saya jelek”.
Saya katakan kepada mereka bahwa tidak ada tulisan yang jelek. Semua tulisan yang kita hasilkan adalah bagus. Hanya saja, kemungkinannya adalah tilisan itu tidak mudah dipahami atau tidak disukai oleh yang membacanya.
Salah satu permasalahan yang kita hadapi dan seringkali menjadi hambatan dalam hal pengembangan diri adalah adanya persepsi kita terhadap kemampuan kita sendiri. Seringkali kita mempersepsikan diri kita tidak mampu untuk melakukan sesuatu hal, padahal kita belum pernah mencobanya.
Persepsi pada hakikatnya adalah merupakan proses penilaian seseorang terhadap obyek tertentu, termasuk terhadap kemampuan diri sendiri. Apabila persepsi demikian ini telah terbentuk dalam diri, maka untuk merubahnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan keinginan yang kuat dan pendidikan yang terus-menerus untuk merubahnya.
Robert T. Kiyosaki, dalam salah satu bukunya yang berjudul “Rich Kid Smart Kid” mengungkapkan bahwa “Untuk merubah satu ons persepsi, diperlukan satu ton pendidikan”. Maksudnya adalah bahwa apabila persepsi terhadap diri sendiri telah terbentuk sedemikian rupa sehingga mempengaruhi terhadap kemampuannya untuk mengembangkan diri, maka untuk merubahnya diperlukan pendidikan yang jumlahnya ribuan kali lipat.
Persepsi negatif terhadap diri sendiri ini biasanya muncul dalam ungkapan “Saya tidak bisa melakukannya” atau “Tulisan saya jelek” atau “Saya orang bodoh”. Persepsi demikian tentu tidak timbul secara tiba-tiba. Boleh jadi karena ungkapan-ungkapan seperti itu yang selalu didengarnya sejak kecil, sehingga terekam dalam benak.
Oleh karena itu, persepsi demikian itu harus dihilangkan terlebih dahulu. Peran orang tua dan guru sangat besar pada terbentuknya persepsi anak terhadap kemampuan diri sendiri.
Peran orang tua dan guru adalah mempengaruhi persepsi anak bahwa dia mempunyai kemampuan yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar