Selasa, 08 November 2016

BENDUNGAN BATU BULAN

Suatu hari, Project Manager, pimpinan saya untuk proyek irigasi Beringin Sila Sumbawa, Pak Ir. Nurtejo Sasongko, mengatakan kepada saya,
“Pak Supi, besok kita akan mengikuti Pelatihan Pengenalan Sistem Manajemen Mutu dan Implementasi Prosedur, di Proyek Bendungan Batu Bulan”.
“Iya, Pak”, jawab saya singkat.
Selama ini saya hanya mendengar cerita, bahwa proyek pembangunan bendungan batu bulan adalah proyek yang sangat besar. Sebagai seorang surveyor topografi, saya membayangkan dapat bergabung dengan tim-tim survey yang besar dan hebat.
Bendungan Batu Bulan adalah bendungan terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat. Konon, bendungan ini yang terbesar kedua di Indonesia. Bendungan ini terletak di Desa Batu Bulan, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Berjarak kira-kira delapan belas kilometer kearah timur dari Kota Sumbawa Besar.
Selepas acara pelatihan, sore harinya kami meninjau langsung ke lapangan. Yang kami kunjungi adalah proses pengerjaan timbunan.
Saya perhatikan, pekerjaan timbunan untuk bendungan tidak sesederhana yang dibayangkan. Prosesnya sangat teliti dan detil. Setiap tahapnya harus selalu diperiksa dengan teliti. Kualitas tanah timbunan, kelembaban tanahnya dan proses pemadatannya, menjadi perhatian yang sangat serius.
Memang, bendungan itu sangat besar. Pembangunannya direncanakan untuk mengairi lebih dari lima ribu hektar lahan pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar