Selasa, 08 November 2016

OLAH RAGA

Banyak alasan orang untuk berolah raga. Ada yang memang bercita-cita menjadi atlit profesional, ada yang berolah raga untuk membangun jaringan. Ada juga yang berolah raga untuk mencari hiburan atau refreshing. Tetapi sebagian besar orang berolah raga untuk menjaga kesehatan.
Kalau kita lihat di luar negeri, seorang atlet professional dapat menjadi kaya raya. Pemain bola, petenis, petinju dan pemain golf, mampu menduduki peringkat atlet terkaya dengan jumlah kekayaan yang luar biasa.
Kalau di Indonesia, kelihatannya masih jauh tertinggal. Bidang olah raga professional belum dapat dijadikan pilihan yang menjanjikan untuk sumber penghasilan utama untuk menyokong kehidupan. Pengurus organisasi olah raga justru bisa menjadi kaya dibandingkan dengan para atletnya yang bermain.
Bagi saya, olah raga adalah keahlian untuk pengembangan diri, memperluas akses pergaulan dan tentu saja untuk mendukung pertumbuhan fisik dan mental, terutama saat masih anak-anak. Disamping kemampuan berenang dan bersepeda, anak-anak harus aktif menekuni satu bidang olah raga yang diminatinya. Olah raga apa saja, yang penting belajar dan berlatih dengan teknik yang benar dibawah bimbingan pelatih.
Dulu, kami mencoba mencari-cari jenis olah raga yang disukai anak kami yang pertama. Dengan cara trial and error. Awalnya mencoba volley ball. Setelah mencari klub volley dan bergabung, ternyata olah raga ini tidak menarik baginya. Alasannya sederhana, bolanya terlalu besar dan berat. Padahal semua peralatan yang berkaitan dengan volley sudah dibeli semua.
Kemudian beralih ke beberapa jenis olah raga lain, pencak silat, renang dan akhirnya bertemu dengan tenis lapangan. Tenis lapangan termasuk olah raga yang agak sulit. Selain penguasaan tekniknya, juga karena ketersediaan fasilitas lapangan yang terbatas.
Kini, kami tidak lagi mencari olah raga yang lain. Kami sekeluarga telah bisa bermain tenis. Olah raga kami, selain berenang bersama, juga bermain tenis bersama.
Olah raga dapat menyatukan keluarga, menyegarkan dan menyehatkan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar